April 2021, IKK Konsumen Masuki Zona Optimis

| Senin, 10/05/2021 11:55 WIB
April 2021, IKK Konsumen Masuki Zona Optimis Pengunjung Mall gunakan masker saat pandemi (Doc: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia melaporkan hasil Survei Konsumen (SK) April 2021 yang mengungkapkan bahwa keyakinan konsumen meningkat.

Peningkatan keyakinan konsumen ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada di zona optimis sebesar 101,5 (indeks >100) atau meningkat dibandingkan 93,4 pada bulan Maret 2021.

“IKK April 2021 merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020,” terang Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Senin 10 Mei 2021.

Ia merinci, keyakinan konsumen membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang.

Adapun peningkatan optimisme konsumen utamanya disebabkan oleh aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Selain itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

 

 

Tags : IKK April , Perekonomian , BI

Berita Terkait