Bank Indonesia Tetapkan Suku Bunga di 3,5 Persen

| Selasa, 25/05/2021 16:02 WIB
Bank Indonesia Tetapkan Suku Bunga di 3,5 Persen Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan di angka 3,5%. Melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG), BI juga menetapkan suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%. 

“Keputusan ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah, serta upaya untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah dan mempercepat upaya pemulihan ekonomi,” sambung Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam keterangannya, Selasa 25 Mei 2021.

Perry menilai saat ini ekonomi Indonesia mengalami perbaikan berlanjut sejalan dengan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat dan di Tiongkok pada Kuartal I 2021 yang lebih kuat dari prakiraan. AS tercatat tumbuh 6,4 persen dari prediksi sebelumnya 6,1 persen. Sementara Tiongkok tumbuh 18,3 persen di Kuartal I dari prediksi sebelumnya di angka yang nyaris sama.

Adapun, pertumbuhan Ekonomi AS terdorong oleh permintaan domestik yang meningkat, stimulus fiskal dan moneter yang berlanjut, serta kinerja sektor manufaktur dan jasa yang membaik. Sementara, ekonomi Tiongkok terus membaik dipicu kenaikan kinerja konsumsi dan investasi.

Sedangkan untuk Indonesia pada Kuartal I 2021, telah diumumkan pertumbuhan minus 0,74 persen. Meskipun masih dalam kondisi minus, BPS menilai bahwa terdapat kemajuan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kontraksi perekonomin Indonesia sepanjang kuartal I tak lain dipicu dari konsumsi rumah tangga yang belum pulih dan komponen pengeluaran masyarakat yang terkontraksi.

 

Tags : Bank Indonesia , BI Suku Bunga

Berita Terkait