Laba Merosot, Jasa Marga Tak Tebar Dividen Tahun Ini

| Kamis, 27/05/2021 20:11 WIB
Laba Merosot, Jasa Marga Tak Tebar Dividen Tahun Ini Jalan tol trans Sumatera Bakauhunei-Terbanggi Besar. (Foto: twitter @Pujangga1123)

RADARBANGSA.COM - Emiten BUMN infrastruktur dan pengelola jalan tol, PT Jasa Marga (JSMR) mengambil keputusan untuk tidak membagikan dividen pada tahun buku 2020.

Sebagai gantinya, JSMR akan menjadikan laba bersih tahun 2020 sebagai dana cadangan untuk memperkuat struktur permodalan perusahaan.

Corporate Finance Group Head Jasa Marga, Eka Setya Adrianto mengatakanpada tahun lalu, perusahaan membukukan laba bersih Rp 501 miliar atau turun jauh 77% dari 2019 dengan laba bersih mencapai Rp 2,2 triliun.

"Pemegang saham pada tahun ini tidak membagi dividen atau 0% seluruhnya laba tahun lalu ditempatkan dana cadangan memperkuat capital structure," kata Eka dalam konferensi pers virtual, Kamis 27 Mei 2021.

Ia menjelaskan, saat ini, sebagian tol baru perseroan sudah selesai konstruksinya, tapi memang pada fase awal pengoperasian masih akan menekan kinerja. Dengan demikian, perusahaan butuh memperkuat ekuitas sehingga perlu menarik dana yang seharusnya dialokasikan untuk dividen laba 2020.

Jasa Marga, lanjutnya juga sedang mengejar pengoperasian JORR II dan Seksi I Balikpapan - Samarinda, serta seksi 5 Balikpapan - Samarinda.

"Selanjutnya, akan seperti apa pembagian dividen-nya tapi masih tergantung dari kinerja," tutupnya.

Tags : JSMR , Jasa Marga

Berita Terkait