Menteri Investasi Ungkap Papua Segera Punya Smelter

| Jum'at, 28/05/2021 21:05 WIB
Menteri Investasi Ungkap Papua Segera Punya Smelter Bahlil Lahadalia (menteri Investasi/Kepala BKPM). (Foto: Okezone)

RADARBANGSA.COM - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memastikan Papua akan memiliki fasilitas peleburan (smelter) tembaga. Bahlil dalam acara halal bi halal virtual menyampaikan bahwa smelter itu nantinya akan mengolah hasil tambang tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI).

"Alhamdulillah, kemarin saya waktu mencari investasi untuk bagaimana mendorong pembangunan smelter tembaga yang mengambil bahan bakunya dari Freeport. Investornya sudah ada. Kemungkinan bulan Juni ini sudah bisa melakukan langkah-langkah peninjauan di lapangan, kemudian Insya Allah paling lambat running di 2022 awal sudah bisa jalan," ujarnya seperti dilansir dari antaranews.com, Jumat, 28 Mei 2021.

Bahlil mengungkapkan, sebagai orang yang hidupnya banyak dihabiskan di Papua, adanya smelter di Papua menjadi mimpi warga setempat. Bahlil juga menuturkan bahwa pihaknya tengah melakukan komunikasi secara intens dengan MIND ID, PT Freeport, dan Kementerian ESDM mengenai pembangunan smelter tembaga tersebut.

Ia berharap pembangunan smelter tembaga di Papua akan dapat menciptakan pertumbuhan kawasan ekonomi baru, khususnya di daerah paling timur Indonesia itu. "Kita ingin Papua juga menjadi bagian integral negara Indonesia yang bisa menciptakan kawasan ekonomi baru," kata Bahlil.

Tags : Menteri Investasi , Smelter , Papua , Bahlil Lahadalia , Indonesia

Berita Terkait