Neraca Dagang Mei Surplus USD 2,37 Miliar, BPS Ingatkan Tetap Waspadai Pandemi

| Selasa, 15/06/2021 15:04 WIB
Neraca Dagang Mei Surplus USD 2,37 Miliar, BPS Ingatkan Tetap Waspadai Pandemi Garam Impor. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jika neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2021 mengalami surplus sebesar USD 2,37 Miliar. Dengan demikian, Indonesia tercatat mengalami surplus yang ke 13 kalinya secara berturut - turut sepanjang pandemi berlangsung. 

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan surplus kali ini diperoleh dari capaian ekspor sebesar 16,6 miliar dolar AS dan impor 14,23 miliar dolar AS. Meski terjadi penurunan yang masing masing sebesar 10,25 persen dan 12,16 persen dari April 2020 (mtm), namun surplus masih terjadi lantaran nilai ekspor yang melampaui nilai impor. Adapun dibanding Mei 2020 (yoy) baik ekspor dan impor masih mencatat kenaikan masing-masing 58,7 persen dan 68,6 persen.

"Performa ini betul-betul menjanjikan tapi kita harus tetap waspada karena masih ada risiko besar yang membayangi perekonomian Indonesia dan negara lain karena pandemi," kata Suhariyanto dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa 15 Juni 2021.

Suhariyanto mengingatkan, angka penularan Covid-19 dalam sepekan terakhir cukup tinggi. Di India, yang sempat mengalami lonjakan penularan berujung pada menurunnya geliat industri. Hal itu pun tercermin dari kinerja ekspor Indonesia ke India yang turun 290 juta dolar AS, penurunan terbesar ketiga setelah Korea Selatan dan Jepang.

"Kita berharap program vaksinasi yang semakin lancar dan patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan bisa menumbuhkan keyakinan dunia usaha sehingga performa makin bagus," katanya.

Tags : NERACA DAGANG , BPS

Berita Terkait