Erick: Holding Jadi Solusi Masalah UMi

| Senin, 21/06/2021 18:01 WIB
Erick: Holding Jadi Solusi Masalah UMi Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan dengan adanya holding Utra Mikro (UMi) akan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi segmen pelaku usaha UMi.

Erick menjelaskan bahwa akses pendanaan yang lebih murah dan cepat akan menopang kemajuan segmen usaha tersebut.

“Sehingga ke depan tercipta penguatan ketahanan ekonomi dan pertumbuhan yang berkualitas. Dengan demikian akan mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pengusaha ultra mikro melalui pemberdayaan,” kata Erick, seperti dikutip, Senin 21 Juni 2021.

Pihaknya mengakui, tanpa holding BUMN di segmen UMi saat ini, banyak kendala yang dihadapi dalam akses pembiayaan.

Biaya overhead yang tinggi karena model pemberdayaan membutuhkan pendampingan dan penyuluhan intensif. Selain itu, kurangnya sumber daya manusia membuat usaha ultra mikro sulit dijangkau.

Ada pun dari sudut pandang perseroan, tanpa holding membuat segi pendanaan berbiaya relatif tinggi karena mengandalkan pinjaman dari pasar modal. Pembiayaan pun bergantung kondisi pasar sehingga terdapat potensi kegagalan refinancing.

“Tentunya pemerintah secara keseluruhan memiliki solusi besar untuk menunjukan keberpihakan kepada sektor ultra mikro. Ketika pemerintah berbicara tentang Indonesia maju, maka di dalamnya ada kemajuan segmen ultra mikro melalui penguatan ketahanan ekonomi. Kami sudah memetakan sinergi yang dapat dilakukan di BUMN untuk menguatkan keberpihakan kepada pengusaha ultra mikro,” ujarnya.

Tags : Pelaku Usaha UMi , UMKM , Holding UMi

Berita Terkait