PPKM Level 4, Mendag Lutfi: Stok Pangan Aman dan Terkendali

| Selasa, 27/07/2021 15:31 WIB
PPKM Level 4, Mendag Lutfi: Stok Pangan Aman dan Terkendali Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Kondisi stok dan harga pangan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4 periode 3–25 Juli 2021 di wilayah Jawa–Bali sangat stabil dan terkendali.

"Distribusi pangan ke semua daerah berjalan lancar tanpa gangguan berarti," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 27 Juli 2021.

Menurut Mendag Lutfi, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tetap berkomitmen penuh untuk memastikan kecukupan stok dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok (bapok) bagi masyarakat, baik selama masa PPKM di wilayah Jawa–Bali maupun PPKM di semua level di wilayah-wilayah Indonesia.

Ketersediaan stok dan stabilitas harga bapok ini, lanjut Mendag Lutfi, merupakan hasil koordinasi yang baik antarinstansi terutama antara pemerintah daerah, badan usaha milik negara (BUMN), Polri, dan Kementerian Perhubungan berjalan sangat baik.

“Kami akan terus bersinergi bersama kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, pemerintah daerah, serta pelaku usaha untuk berusaha menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok bagi masyarakat,” imbuh Mendag Lutfi.

Komitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang tetap stabil juga terus diupayakan selama masa perpanjangan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 secara nasional.

“Kondisi saat ini, secara umum stok pangan cukup tersedia dengan ketahanan untuk satu sampai dua bulan ke depan, baik untuk komoditas beras, gula, daging sapi, dan komoditas bapok lainnya, tegas Mendag Lutfi.

Tags : Kemendag , Indonesia , India , Ekspor Kayu

Berita Terkait