Cabai Rawit Jadi Pemicu Utama Inflasi Bulan Juli

| Senin, 02/08/2021 15:04 WIB
Cabai Rawit Jadi Pemicu Utama Inflasi Bulan Juli Cabai Rawit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi laju inflasi sebesar 0,08 persen pada Juli 2021. Salah satu pemicunya adalah naiknya harga cabai rawit menjadi dalam satu bulan terakhir.

“Cabai rawit memang memiliki andil besar terhadap inflasi karena memang selain faktor cuaca karena juga ada faktor musim peralihan dari musim pancaroba," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021.

Margo menambahkan, kenaikan harga cabai rawit ini terjadi di mayoritas kota. Dari 90 kota IHK yang dipantau BPS, kenaikan harga cabai rawit tertinggi terjadi di Probolinggo sebesar 68 persen dan Meulaboh sebesar 61 persen.

Selain cabai rawit, komoditas lain di kelompok makanan minuman dan tembakau yang juga mengalami kenaikan harga yaitu tomat, bawang merah, cabai merah, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen.

Disisi lain, ia menyebut, ada komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menyumbang deflasi seperti daging ayam ras dengan andil deflasi 0,04 persen. Kemudian beras, telur ayam ras, emas perhiasan dengan andil 0,01 persen.

"Untuk daging ayam ras, penurunan tertinggi terjadi di Jambi sebesar 25 persen, dan di Parepare mengalami penurunan sebesar 22 persen," pungkas dia.

Tags : Inflasi Bulan Juli , Cabai Rawit

Berita Terkait