IMF Siapkan Dana USD650 Miliar untuk Negara Anggota

| Selasa, 03/08/2021 11:42 WIB
IMF Siapkan Dana USD650 Miliar untuk Negara Anggota Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva (Foto: Nytimes)

RADARBANGSA.COM – Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui distribusi cadangan moneter untuk memperkuat cadangan devisa negara-negara anggota, dengan mengalokasikan dana Special Drawing Rights (SDR) yang nilainya USD650 miliar. Dana tersebut akan berlaku efektif mulai 23 Agustus.

Negara-negara anggota IMF akan menerima SDR - unit pertukaran dana yang didukung oleh dolar, euro, yen, sterling dan yuan (hard currency)- sebanding dengan kuota kepemilikan mereka dalam dana cadangan tersebut. Sebanyak 190 negara anggota IMF menyetujui langkah tersebut, Senin kemarin.

"Alokasi SDR akan menguntungkan semua anggota, mengatasi kebutuhan global jangka panjang akan ketersediaan cadangan devisa, membangun kepercayaan, dan mendorong ketahanan dan stabilitas ekonomi global," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, seperti dikutip Reuters, Selasa 3 Agustus 2021.

“Ini terutama akan membantu negara-negara yang paling rentan yang berjuang untuk mengatasi dampak krisis COVID-19,” imbuh Georgieva.

Ia menambahkan bahwa sekitar USD275 miliar dari alokasi dana tersebut akan diberikan ke negara-negara emerging market dan negara-negara berpenghasilan rendah.

Menurutnya, IMF akan terus secara aktif terlibat dengan anggota untuk mengidentifikasi opsi yang layak bagi negara-negara kaya penerima SDR agar menyalurkannya ke negara-negara miskin yang lebih membutuhkannya.

Distribusi SDR terakhir dilakukan IMF pada tahun 2009 lalu, dimana negara-negara anggota menerima USD250 miliar cadangan SDR untuk membantu meringankan krisis keuangan global.

Untuk membelanjakan SDR tersebut, negara-negara penerima harus menukarnya dengan hard currency yang mendasarinya, sehinga mengharuskan mereka untuk menemukan negara mitra yang bersedia menerima pertukaran.

Tags : IMF , Negara Berkembang

Berita Terkait