OJK: Jumlah Investor Pasar Modal Naik 96 Persen Secara Tahunan

| Selasa, 03/08/2021 15:38 WIB
OJK: Jumlah Investor Pasar Modal Naik 96 Persen Secara Tahunan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (Foto: Inews.id)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat peningkatan jumlah investor sebesar 96 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Peningkatan itu membuat jumlah investor pasar modal mencapai 5,6 juta orang pada Juni 2021.

Ketua Dewan Komisioner OJK,  Wimboh Santoso mengatakan peningkatan tersebut sebagai dampak dari tingginya dana di perbankan dengan suku bunga simpanan terus menurun di tengah Covid-19.

"Ini berkat untuk pasar modal dan tidak masalah jika masyarakat ada alternatif di pasar modal," ucap Wimboh dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa 3 Agustus 2021.

Ia memaparkan dana masyarakat di perbankan pada Juni 2021 meningkat 11,28 persen (yoy), sangat tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan sebelum pandemi yang hanya enam persen sampai tujuh persen.

Likuiditas perbankan yang melimpah juga disertai dengan penurunan suku bunga simpanan, seperti suku bunga deposit berjangka satu tahun, yang biasanya tercatat di atas tujuh persen atau 6,5 persen, kini berada di level sekitar lima persen.

"Bahkan ada beberapa bank menawarkan bunga hingga empat persen," kata Wimboh.

Ia menilai kondisi tersebut yang membuat masyarakat pasti mencari alternatif investasi lainnya dengan bunga yang lebih tinggi dan kompetitif.

Kendati demikian, masyarakat, kata Wimboh, harus bisa memilah jenis investasi, terutama di tengah semakin majunya digitalisasi yang membuat berbagai pihak bisa menjangkau masyarakat luas dengan cepat, termasuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan bisa menyebabkan kerugian masyarakat, baik di pasar modal maupun di luar pasar modal.

Tags : ojk , investor pasar modal , investasi