Cadangan Devisa Juli Meningkat ke USD137,3 Miliar

| Jum'at, 06/08/2021 15:03 WIB
Cadangan Devisa Juli Meningkat ke USD137,3 Miliar Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Tren penguatan cadangan devisa (cadev) negara terus berlanjut. Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa cadev periode Juli 2021 mencapai  137,3 miliar dolar AS, atau meningkat dibandingkan posisi pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dolar AS. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, posisi cadev tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor. Cadangan valas itu juga diklaim cukup untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Cadev ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujar Erwin dalam keterangannya, Jumat 6 Agustus 2021.

BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Menurutnya peningkatan posisi cadev pada Juli 2021 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa. 

"BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," ungkap Erwin.

Tags : Cadangan Devisa , Cadev Juli

Berita Terkait