BI: Inflasi Minggu Ketiga Agustus Terkendali

| Selasa, 24/08/2021 14:02 WIB
BI: Inflasi Minggu Ketiga Agustus Terkendali Cabai Rawit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu III Agustus 2021 oleh Bank Indonesia (BI) perkembangan harga pada Agustus 2021 tetap relatif terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,04% (mtm).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Agustus 2021 secara tahun kalender sebesar 0,85% (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,60% (yoy).

Penyumbang utama inflasi Agustus 2021 sampai dengan minggu ketiga, yaitu komoditas minyak goreng sebesar 0,03% (mtm), tomat sebesar 0,02% (mtm), telur ayam ras dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

"Beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain cabai rawit sebesar -0,05% (mtm), cabai merah sebesar -0,02% (mtm), kangkung, bayam, sawi hijau, kacang panjang, jeruk, emas perhiasan dan angkutan antarkota masing-masing sebesar -0,01% (mtm)," ujar  Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran persnya, Senin 23 Agustus 2021.

Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Tags : Inflasi Agustus , Inflasi BI

Berita Terkait