Rugi, Ford Akan Tutup Pabrik di India

| Jum'at, 10/09/2021 17:36 WIB
Rugi, Ford Akan Tutup Pabrik di India Logo Mobil Ford (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Raksasa mobil AS, Ford akan mengakhiri perjalanan karirnya di India pada pertengahan tahun 2022 nanti. Dari laporan yang diterima, Ford akan berhenti memproduksi mobil sekaligus menutup kedua pabriknya di negara itu.

Ford akan menutup pabrik di negara bagian Gujarat dan Tamil Nadu pada kuartal kedua tahun 2022. Pabrikan mobil asal Amerika itu dilaporkan menempati ranking no 9 di pangsa pasar mobil India.

Ford juga dilaporkan mengalami kerugian dalam 10 tahun terakhir akibat permintaan yang sangat rendah. Pangsa pasar Ford di India dilaporkan kurang dari dua persen. Demikian seperti dikutip dari laporan Ford.

Selama 25 tahun, Ford adalah salah satu pabrikan mobil besar yng berinvestasi pada ekonomi India. Sebelumnya pada 2017, General Motors (GM) juga berhenti membuat mobil untuk pasar India.

Begitupula pada 2019, Harley-Davidson menghentikan produksi dan secara besar-besaran mengurangi operasi penjualannya di pasar sepeda motor terbesar di dunia.

Ini telah menjadi pukulan bagi upaya Perdana Menteri India Narendra Modi untuk memikat atau mempertahankan investor asing.
Meskipun demikian, Ford  mengatakan akan terus memberikan layanan pemeliharaan, suku cadang dan dukungan garansi kepada pelanggan yang sudah ada.

"Ford juga akan beralih ke kendaraan global ikonik dan SUV listrik di masa depan," kata pernyataan itu, meskipun tidak jelas apakah itu akan dibuat di India.

Tags : Ford , India

Berita Terkait