Sejahterakan Petani Tanah Air, Kemendag Terus Bangun SRG

| Jum'at, 17/09/2021 21:51 WIB
Sejahterakan Petani Tanah Air, Kemendag Terus Bangun SRG Wamendag Jerry Sambuaga (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menyatakan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem sistem resi gudang (SRG) untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia.

“Kemendag telah membangun SRG sejak 2006 untuk membantu mengatasi tantangan petani daerah yang kesulitan dalam mendapatkan harga yang menguntungkan saat panen. Hal ini salah satunya disebabkan karena petani tidak mempunyai gudang untuk menyimpan hasil pertanian. Untuk itu, Kemendag memberikan solusi dengan membangun gudang SRG sebagai instrumen tunda jual untuk membantu kesejahteraan petani,” jelas Wamendag Jerry dilansir kemendag, Jumat 17 September 2021.

Wamendag Jerry menyampaikan, untuk mendukung pelaksanaan SRG, Kementeritan Perdagangan (Kemendag) telah membangun gudag SRG beserta sarananya melalui APBN di daerah sentra produksi.

“Saat ini terdapat 123 gudang SRG yang dibangun Kemendag di berbagai daerah di Indonesia. Melalui SRG petani dapat menyimpan komoditas selama 3-5 bulan dan dijual kembali ketika harga menguntungkan,” ujarnya.

Wamendag menuturkan, SRG bermanfaat untuk menstabilkan harga komoditi di pasar. SRG juga menjadi instrumen pemerintah dalam menyediaakan pangan nasional.  

"SRG menjadi instrumen Pemerintah untuk persediaan pangan nasional,” tuturnya.

Tags : SRG , Kemendag , Petani , Gudang

Berita Terkait