Komisi VI DPR Setujui Penyesuaian Anggaran Kemendag 2022

| Selasa, 21/09/2021 21:22 WIB
Komisi VI DPR Setujui Penyesuaian Anggaran Kemendag 2022 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Komisi VI DPR RI telah menyetujui penyesuaian alokasi anggaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp2,38 triliun.

Menurut Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, anggaran itu akan digunakan untuk menggerakkan empat program utama Kemendag, “Anggaran tersebut akan kami alokasikan ke empat program yang telah kami siapkan, yaitu Program Dukungan Manajemen, Program Perdagangan Dalam Negeri, Program Perdagangan Luar Negeri, serta Program Riset dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” jelas Mendag.

Disamping itu, lanjut Mendag, dalam kesimpulan Rapat Kerja pada 26 Agustus 2021 Komisi VI DPR RI juga telah menyetujui usulan tambahan anggaran Kemendag Tahun 2022 sebesar Rp488,73 miliar.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai beberapa kegiatan, diantaranya penyelenggaraan Sail Tidore, presidensi G20, persiapan menjadi tuan rumah ASEAN 2023, serta tuan rumah International Cocoa Organization dan International Tripartite Rubber Council.

“Sedangkan, mengenai presidensi G20, Mendag RI ditugaskan sebagai Ketua Pelaksana Side Events. Maka, setelah Kementerian Keuangan melakukan rapat koordinasi lintas K/L pada 7 September 2021, Kemendag kembali menyampaikan usulan tambahan anggaran sebesar Rp21,4 miliar untuk membiayai beberapa kegiatan side events tersebut,” ungkap Mendag.

Selain itu, Mendag juga menjelaskan, bahwa alokasi pagu anggaran 2022 pada Program Dukungan Manajemen lebih besar dari alokasi anggaran program teknis, hal ini karena semua belanja pegawai (gaji dan tunjangan) maupun belanja operasional untuk seluruh unit kerja di Kemendag dialokasikan pada Program Dukungan Manajemen.

Tags : Kemendag , Komisi VI DPR

Berita Terkait