BUMN Diminta Tingkatkan Dividen untuk Negara

| Kamis, 23/09/2021 06:27 WIB
BUMN Diminta Tingkatkan Dividen untuk Negara Erick Thohir (Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan PEN). (Foto: twitter @KemenBUMN)

RADARBANGSA.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta kepada BUMN untuk meningkatkan setoran dividen negara pada tahun depan. 

Dia mengatakan sejatinya angka dividen pada tahun 2020 adalah Rp43 triliun. Namun angka ini mengalami penyesuaian akibat pandemi menjadi Rp 26 triliun.

"Dividen yang kita diharapkan di tahun depan diusahakan balik pada saat sebelum covid, yang waktu itu kalau tidak salah Rp 43 triliun," ujar Erick seperti dikutip, Kamis 23 September 2021.

Untuk tahun ini, ucap Erick, BUMN ditargetkan memberikan setoran dividen sebesar Rp 37 triliun. Erick optimistis kontribusi BUMN melalui dividen terus meningkat dan kembali pada saat kondisi normal sebelum pandemi pada tahun depan. 

Erick meminta BUMN-BUMN yang memiliki fokus korporasi untuk dapat meningkatkan kontribusi dividen. Erick mengaku terus mendorong kinerja BUMN untuk berkembang yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi lebih besar kepada negara.

"Kalau kita lihat sampai 2023 dan 2024, memang itu dividen berdasarkan dari 11 BUMN saja, sedangkan total BUMN setelah konsolidasi ada 41 BUMN," ucap Erick.

Erick mengaku tidak memaksakan BUMN yang memiliki karakter fokus dalam pelayanan publik untuk berkontribusi serupa dengan BUMN yang hanya fokus korporasi. Erick mencontohkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang tidak mungkin memberikan dividen akibat menurunnya pergerakan penumpang selama pandemi.

"Kita juga tidak memaksakan beberapa BUMN lain yang memang sangat dekat dengan publik servis," kata Erick.

 

Tags : Erick Thohir , Dividen

Berita Terkait