BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Lebih Rendah

| Rabu, 20/10/2021 13:49 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Lebih Rendah Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi global menjadi 5,7 persen dari sebelumnya sebesar 5,8 persen. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS), Tiongkok, dan Jepang lebih rendah dari asumsi sebelumnya akibat adanya kenaikan kasus varian delta Covid-19.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengataakan pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah tersebut dipicu oleh gangguan rantai pasokan dan energi global.

Di sisi lain, pemulihan ekonomi Eropa lebih tinggi sehingga menahan perlambatan ekonomi global. Kinerja sejumlah indikator dini seperti Purchasing Managers` Index (PMI), penjualan eceran, dan keyakinan konsumen secara umum juga melambat pada September 2021. 

"Dengan perkembangan tersebut, kami merevisi ke bawah pertumbuhan ekonomi global 2021 menjadi 5,7 persen dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,8 persen," kata Perry seperti dikutip, Rabu 20 Oktober 2021.

Lebih lanjut, Perry menambahkan bahwa pemulihan ekonomi dunia diyakini akan tetap berlanjut pada tahun 2022 meskipun dampak dari gangguan rantai pasokan dan keterbatasan energi perlu tetap diwaspadai.

Ketidakpastian pasar keuangan global sedikit menurun di tengah kekhawatiran pengetatan kebijakan moneter global yang lebih cepat sejalan kenaikan inflasi yang terus berlangsung. 

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap tetap berlanjutnya aliran portofolio global ke negara berkembang, khususnya di negara-negara yang mempunyai imbal hasil aset keuangan yang menarik dan kondisi ekonomi yang membaik.

“Kami perkirakan tahun ini membaik

dibandingkan tahun lalu dan tahun depan akan melanjutkan perbaikan namun untuk angkanya kami sampaikan nanti," tukas dia. 

Tags : Bank Indonesia

Berita Terkait