Kemenkeu Lakukan Transformasi Pengelolaan Keuangan Negara

| Rabu, 20/10/2021 16:43 WIB
Kemenkeu Lakukan Transformasi Pengelolaan Keuangan Negara Ilustrasi

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus terus melakukan transformasi di bidang pengelolaan keuangan negara dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah.

“Kemenkeu terus melakukan perubahan. Ada adopsi dan adaptasi bahkan berinovasi dari teknologi digital yang merupakan salah satu core dalam sistem kita menjalankan bisnis proses di Kemenkeu,” ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan tertulisnya.

Di tahun ini, kata Menkeu Sri Mulyani, beberapa program inisiatif strategis transformasi Kemenkeu yang dilaksanakan meliputi pelayanan digital Kemenkeu guna menyatukan atau mengharmonisasikan layanan di masing-masing unit dan mengimplementasikan portal layanan digital yang terintegrasi.

"Seperti National Logistic Ecosystem yang merupakan satu kelompok platform pemerintah dan swasta terkait logistik dari hulu ke hilir, integrasi proses bisnis perencanaan dan penganggaran untuk memastikan data dari sistem penganggaran memberikan umpan balik ke sistem perencanaan, sistem manajemen pengelolaan aset negara yang mengelola aset secara end to end, dan self service government platform merupakan simplifikasi penggunaan anggaran melalui penggunaan teknologi digital" jelasnya.

Menkeu Sri Mulyani menjekaskan, teknologi memberikan suatu perubahan dan mengekslarasi perubahan secara efektif apabila mindset dan kultur organisasi berubah. 

“Membutuhkan suatu pemikiran organisasi yang memiliki orientasi yang jelas, paham lingkungan yang berubah, memahami teknologi yang menjadi suatu unsur yang akan kita manfaatkan, dan memahami manusia SDM yang dimiliki, serta budaya organisasi kita kuatkan,” jelasnya.

Tags : Kemenkeu , keuangan negara