Asosiasi Pilot Garuda Minta Pemerintah Tinjau Ulang Penerapan PCR

| Kamis, 28/10/2021 14:32 WIB
Asosiasi Pilot Garuda Minta Pemerintah Tinjau Ulang Penerapan PCR Industri Penerbangan (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Asosiasi Pilot Garuda (APG) mengharapkan kebijakan protokol kesehatan (prokes) dapat mempertimbangkan kelangsungan bisnis aviasi. Diketahui, pemerintah saat ini menerapkan pengetatan mobilitas transportasi udara dengan memberlakukan syarat vaksin dan tes PCR untuk Jawa dan Bali.

"Akan lebih baik jika kebijakan yang diberlakukan mengenai protokol kesehatan di bidang transportasi juga memperhatikan stabilitas sektor aviasi," kata Plt Presiden APG Donny Kusmanagri dalam keterangan tertulis, Kamis 28 Oktober 2021.

Dia menilai jika hal tersebut dilakukan maka akan berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis sektor aviasi. Meskipun begitu, Donny menegaskan APG juga mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

"APG memahami bahwa upaya untuk memastikan kesehatan masyarakat Indonesia tetap terjaga dengan baik merupakan prioritas utama seluruh elemen bangsa," jelas Donny.

Sebelumnya, pemerintah resmi mengatur pelaku perjalanan udara di Pulau Jawa dan Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan surat keterangan negatif tes PCR.

Pemerintah mengambil langkah tersebut mengingat sudah tidak diterapkannya jaga jarak fisik di dalam pesawat. Saat ini maskapai sudah beroperasi dengan kapasitas penuh dan hanya menyisakan tiga baris bangku di belakang jika diperlukan untuk karantina penumpang yang mengalami gejala di tengah

 

Tags : pcr , bisnis aviasi

Berita Terkait