Kemenperin: Kinerja Industri Mamin Meningkat Berkat Digitalisasi

| Jum'at, 29/10/2021 14:55 WIB
Kemenperin: Kinerja Industri Mamin Meningkat Berkat Digitalisasi Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menilai jika transformasi digital sukses mendongkrak kinerja Industri Makanan dan Minuman.

“Pemanfaatan teknologi industri 4.0 di industri mamin ini memacu produktivitas secara lebih efisien dan berkualitas sehingga meningkatkan daya saingnya,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat 29 Oktober 2021.

Sepanjang kuartal II 2021 sendiri, kontribusi industri mamin tercatat lebih tinggi dibanding sumbangsihnya pada tahun 2019 yang mecapai 36,40% dan pada 2020 di angka 38,29%.

Di samping itu, industri mamin mencatatkan realisasi investasi yang cukup signfikan senilai Rp50,48 triliun pada tahun 2020, dan mencapai lebih dari Rp14 triliun pada kuartal II-2021. Investasi ini diyakini dapat memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri, yang termasuk didukung melalui transfer teknologi.

“Bahkan, dari peningkatan investasi ini, juga dapat menambah jumlah penyerapan tenaga kerja. Saat ini, sektor industri mamin telah menyerap tenaga kerja sebanyak 5,2 juta orang,” tutur Putu. Artinya, industri mamin telah memberikan dampak yang luas bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Apalagi, industri mamin merupakan sektor usaha yang mendominasi di tanah air, terutama skala industri kecil dan menengah (IKM). Hal ini yang menjadi tumpuan bagi berputarnya roda ekonomi nasional,” tandasnya.

Tags : Mamin , kemenperin

Berita Terkait