Tappering Dimulai November Ini, Rupiah Sukses Melorot

| Rabu, 03/11/2021 17:08 WIB
Tappering Dimulai November Ini, Rupiah Sukses Melorot Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

 

RADARBANGSA.COM - Pelaku pasar tengah menanti pengumuman Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat terkait tapering dinihari nanti. Kondisi ini mungkin membuat rupiah bakal melemah terhadap dolar AS hari ini.

Mengutip data Bloomberg, Rabu pukul 10.31 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan pada level Rp14.282 per dolar AS. Posisi tersebut menunjukkan pelemahan 32 poin atau 0,22% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pada Selasa di level Rp14.250 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra mengatakan pelaku pasar menunggu pengumuman hasil rapat kebijakan moneter bank sentral AS dinihari nanti.

"Kondisi ini mungkin membuat Rupiah bisa melemah terhadap dolar AS hari ini," kata Ariston seperti dikutip, Rabu Pagi 3 November 2021.

Awal pekan ini terlihat tekanan rupiah meninggi, lalu diikuti dengan konsolidasi dengan pergerakan tipis di hari berikutnya. Ini mengindikasikan pasar mengantisipasi hasil rapat the Fed yang mengarah ke tapering atau pengurangan stimulus pembelian obligasi AS. 

Setelah tapering selesai biasanya beberapa bulan kemudian dilanjutkan dengan kenaikan suku bunga acuan The Fed.

Aksi ini bisa mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Terutama terhadap nilai tukar mata uang emerging market. 

Pelaku pasar juga menantikan seberapa agresif The Fed akan mengurangi stimulusnya. Apakah melebihi perkiraan selama ini sebesar USD15 miliar per bulan yang diharapkan selesai di pertengahan 2022.

"Kalau selesainya tapering lebih cepat dari perkiraan, dolar AS bisa menguat," ujar Ariston.

Rupiah hari ini diprediksi melemah dari kisaran Rp14.300 per dolar AS, dengan support di kisaran Rp14.230 per dolar AS.

Tags : Tappering , The Fed

Berita Terkait