Lonjakan Harga Komoditas Bakal Dongkrak Kinerja Ekspor

| Senin, 08/11/2021 06:01 WIB
Lonjakan Harga Komoditas Bakal Dongkrak Kinerja Ekspor Kapal Peti Kemas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ekonom memperkirakan tren lonjakan harga komoditas saat ini akan mampu membantu kinerja ekspor Indonesia setidaknya hingga akhir tahun ini.

Permintaan dari negara mitra dagang utama seperti China, Jepang, dan Amerika Serikat, menjadi kunci momentum ekspor.

"Pertumbuhan 3,51 persen sudah bisa diperkirakan sebelumnya. Kinerja ekspor cukup positif dengan catatan surplus perdagangan yang tinggi di September 2021 sebesar 4,37 miliar dolar AS," ucap Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, seperti dikutip Antara, Senin 8 November 2021.

Kendati demikian, Bima menilai masalah pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2021 muncul dari realisasi belanja pemerintah yang masih belum memuaskan, karena relatif lambat di beberapa pos, seperti serapan anggaran kesehatan dan program perlindungan sosial.

"Saya tidak banyak berharap serapan Program Ekonomi Nasional (PEN) mungkin hanya bisa 80 persen saja, sama dengan serapan tahun sebelumnya," kata Bhima.

Dari sisi lapangan usaha, ia berpendapat sektor pendidikan, kesehatan, serta informasi dan telekomunikasi, masih menjadi sektor pendongkrak utama sepanjang triwulan III tahun ini.

Sektor jasa informasi dan komunikasi serta pendidikan sekaligus terdorong penggunaan internet yang tinggi karena pembelajaran sebagian besar dilakukan secara daring dan perusahaan juga memberlakukan bekerja dari rumah (WFH).

Sektor pendidikan secara musiman juga lebih tinggi, khususnya setiap bulan Juli-Agustus karena berkaitan tahun ajaran baru sekolah.

 

 

Tags : Ekspor 2021 , Komoditas

Berita Terkait