Mendag Lutfi Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Hingga Akhir Tahun

| Selasa, 16/11/2021 09:01 WIB
Mendag Lutfi Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Hingga Akhir Tahun Cabai. (Foto: Halloriau)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan pihaknya menjamin ketersediaan tiga komoditas bahan pokok hingga akhir tahun 2021, khususnya menjelang Perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Komoditas tersebut antara lain minyak goreng, cabai merah dan kedelai.

"Kami memastikan stoknya dan harganya terjangkau," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dilansir dari antaranews.com, Selasa, 16 November 2021.

Diterangkannya, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri telah berkoordinasi dengan 34 kepala dinas perindustrian dan perdagangan memastikan beberapa hal terkait kebutuhan barang pokok jelang Natal dan Tahun Baru nanti. "Sebagai contohnya minyak goreng. Minyak goreng ini sekarang sudah mencapai level Rp16.000 sampai Rp17.000 untuk kemasan sederhana karena harga CPO (Crude Palm Oil)," jelasnya.

Selain itu, komoditas lain yang juga naik adalah telur ayam ras dan cabai merah. Kenaikan itu, tambah Lutfi, masih wajar mengingat ongkos dari peternak telur mencapai Rp19.000 hingga Rp21.000.

"Sehingga harga yang wajay Rp24.000, jadi kita mesti memaklumi bahwa kita harus hidup berdampingan dan kita harus memproteksi petani telur ini," paparnya.

Kemudian, kata Lutfi, harga cabai juga terpantau sudah naik 15 persen karena kondisi saat ini tengah musim hujan. Menurutnya, pengaruh cuaca otomatis membuat harga cabai naik dan perlahan akan kembali bergerak normal.

"Sehingga untuk cabai ini masalahnya dari siklus cuaca, yang biasanya kering dan basah mempengaruhi dari harga cabai," tuturnya.

Tags : Kemendag RI , Kebutuhan Pokok , Natal , Tahun Baru

Berita Terkait