Didominasi Timur Tengah, Berikut 9 Mata Uang Tertinggi di Dunia

| Kamis, 18/11/2021 20:24 WIB
Didominasi Timur Tengah, Berikut 9 Mata Uang Tertinggi di Dunia Mata uang di dunia. (Foto: rumahcom)

RADARBANGSA.COM - Mata uang memiliki pengaruh besar bagi sebuah negara dalam perdagangan dunia. Selama ini, dolar AS (USD), Pound sterling hingga Euro termasuk dalam mata uang yang ramai diperdagangkan.

Nyatanya, yang menduduki posisi teratas nilai mata uang di dunia bukanlah tiga mata uang tersebut. Kekuatan mata uang ini mengacu pada nilai yang dinilai jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mata uang lainnya melalui nilai tukar langsung.

Berikut daftar mata uang tertinggi di dunia 2021 diurutkan berdasarkan peringkatnya.

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait menjadi mata uang dengan nilai tertinggi di dunia. Meski mata uang ini tak banyak diperdagangkan, namun stabilitas Dinar Kuwait dan permintaan minyak yang begitu tinggi meningkatkan nilai mata uang negara ini.

Jika dibandingkan per November 2021, 1 dinar Kuwait setara dengan 3,32 dolar AS atau sekitar Rp47.463 apabila dirupiahkan.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain (BHD) adalah mata uang dengan nilai tertinggi kedua di dunia setelah dinar Kuwait (KWD). Negara kecil di Teluk Arab ini memiliki ekonomi yang sangat baik.

Jika dibandingkan per November 2021, 1 dinar Bahrain setara dengan 2,65 dolar AS atau sekitar Rp37.955 apabila dirupiahkan.

3. Riyal Oman (OMR)

Negara dengan akses tinggi terhadap sumber daya alam yang berharga ini berada di urutan ketiga mata uang tertinggi. Oman berhasil mempertahankan nilai mata uangnya selama lebih dari lima dekade.

Saking tinggi nilai mata uangnya, riyal Oman didenominasi ke dalam subunit yang disebut baisa: 1 riyal setara dengan 1.000 baisa. Serupa dengan nilai tetap 1 dolar setara dengan 100 sen.

Jika dibandingkan per November 2021, 1 riyal Oman setara dengan 2,60 dolar AS atau sekitar Rp37.180 apabila dirupiahkan.

4. Dinar Yordania (JOD)

Dinar Yordania dinilai memiliki stabilitas mata uang relatif tinggi meskipun ekonomi negara tersebut buruk dibanding negara kawasan Arab lainnya. Namun, pemerintah Yordania mampu mempertahankan nilai tukar tetap yang menjadikannya nilai mata uang di sana begitu tinggi.

Jika dibandingkan per November 2021, 1 dinar Yordania setara dengan 1,41 dolar AS atau sekitar Rp20.200 apabila dirupiahkan.

5. Pound Sterling (GBP)

Mata uang resmi Britania Raya dan beberapa wilayah lain di sekitarnya ini secara khusus dinilai lebih tinggi daripada Dolar AS karena inflasinya yang rendah.

Pound sterling juga menjadi mata uang keempat yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing, setelah dolar AS, euro, dan yen Jepang.

Per November 2021, 1 pound sterling setara dengan 1,37 dolar AS atau sekitar Rp19.562 apabila dirupiahkan.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Dolar Kepulauan Cayman adalah salah satu dari tiga mata uang dalam daftar ini yang mempertahankan nilai tukarnya terhadap Dolar AS.

Negara dengan mata uang sejak 1972 itu unggul di sektor jasa keuangan dan ekonomi yang menjadikannya kuat dan tergolong ke dalam 10 mata uang dunia tertinggi.

Per November 2021, 1 dolar Cayman sedikit di atas dolar AS yakni USD1,2 atau sekitar Rp19.562 apabila dirupiahkan.

7. Euro (EUR)

Mata uang cadangan terbesar kedua setelah dolar AS ini juga merupakan mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Euro merupakan mata uang resmi 19 dari 28 negara di Uni Eropa. Kekuatan ekonominya tak hanya memberikan stabilitas terhadap mata uang euro, tetapi juga berdampak pada nilainya.

Jika dibandingkan per November 2021, 1 euro setara dengan 1,16 dolar AS atau sekitar Rp16.607.

8. Franc Swiss (CHF)

Stabilitas dan catatan kinerja yang baik melawan dolar AS menjadikan mata uangnya sebagai salah satu raja mata uang dunia.

Per November 2021, 1 franc Swiss setara dengan 1,10 dolar AS atau sekitar Rp15.702.

9. Dolar Amerika Serikat (USD)

Dolar AS merupakan mata uang yang paling banyak digunakan dan diperdagangkan di dunia. Hal tersebut mendorong dolar AS menjadi mata uang cadangan terbesar.

Nilai mata uang tertinggi di dunia ini termasuk kuat jika dibandingkan terhadap mata uang lainnya. Per November 2021, 1 dolar AS setara dengan Rp14.326.

Tags : Mata Uang , Dolar , Pound Sterling , Euro , Dinar

Berita Terkait