Kadin: Erupsi Semeru Berdampak pada Ekonomi Lumajang dan Malang

| Minggu, 05/12/2021 22:58 WIB
Kadin: Erupsi Semeru Berdampak pada Ekonomi Lumajang dan Malang Erupsi Gunung Berapi (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa bencana erupsi gunung Semeru yang terjadi di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang akan berdampak pada sektor ekonomi kedua daerah.

Lebih detail, Adik mengatakan bahwa yang paling terdampak adalah sektor perkebunan dan pertanian, peternakan, perdagangan, pertambangan dan pariwisata.

“Dampaknya pada ekonomi cukup besar, karena Lumajang ini kan termasuk lumbung pangan Jatim, disana banyak komoditas pertanian dan perkebunan yang menjadi komoditas andalan, diantaranya padi, kopi, tembakau, jagung, cabe dan tebu. Selain itu juga buah-buahan seperti pisang, mangga dan lainnya. Malang juga, ada sayur-sayuran, buah dan bunga pasti terdampak. Kalau terkena abu vulkanik, ini kan bisa mati semua,” ujar Adik Dwi Putranto seperti dikutip, Minggu 5 Desember 2021

Dia melanjutkan, di sektor peternakan dan pertambangan, potensi perternakan Lumajang dan Malang juga cukup besar. Selain penggemukan sapi, kedua daerah juga memiliki  populasi sapi perah yang menjadi pemasok beberapa industri susu besar.

“Kalau tambang, disana banyak tambang pasir dan untuk saat ini memang terhenti. Pasir Lumajang terkenal memiliki kualitas bagus dan dikirim ke beberapa daerah di seluruh Jatim, seperti Surabaya, Sidoarjo dan lainnya. Tetapi setelah erupsi, produksinya pasti akan melimpah,” tambahnya.

Meski demikian, ia belum bisa memastikan berapa besar kerugian yang diderita oleh petani Lumajang dan Malang, karena erupsi juga belum berhenti.

“Belum tahu secara pasti berapa kerugiannya. Karena nilai kerusakan dan kerugian masih dalam kajian. Tetapi untuk saat ini kami kosentrasi pada penanganan bencana dan bantuan,” tegasnya

 

Tags : Erupsi Lumajang , Kadin

Berita Terkait