Presidensi G-20, Ini Manfaat bagi Indonesia

| Senin, 06/12/2021 16:23 WIB
Presidensi G-20, Ini Manfaat bagi Indonesia Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia akan merasakan berbagai manfaat, baik ekonomi maupun sosial budaya, dari Presidensi G20 tahun 2022 mendatang.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian., Haryo Limanseto mengatakan, secara total, manfaat ekonomi diperkirakan 1,5 hingga 2 kali lebih besar dari IMF World Bank Group Annual Meetings di Bali tahun 2018 lalu.
 
“Jika pertemuan dilakukan secara fisik, maka akan terjadi peningkatan konsumsi domestik hingga Rp1,7 triliun, penambahan PDB nasional hingga Rp7,4 triliun, serta pelibatan UMKM dan penyerapan tenaga kerja sebanyak 33 ribu di berbagai sektor,” ujar Haryo Limanseto dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Desember 2021.
 
Haryo menjelaskan, manfaat penting lainnya dari Presidensi G20 bagi Indonesia adalah branding di dunia internasional, “Dalam jangka panjang, branding Indonesia di mata dunia akan meningkatkan confidence dari negara-negara lain terhadap Indonesia.

"Indonesia dapat menjadi central stage di dunia. Forum G20 ini juga diharapkan dapat mendorong komitmen investasi dari anggota G20 dan organisasi internasional,” jelas Haryo.

Lebih lanjut, Haryo meyakini bahwa Presidensi G20 dapat menambah wawasan masyarakat, khususnya generasi muda, “Indonesia adalah negara besar yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh negara-negara lain, baik dari sisi ekonomi, letak geografis, dan sikap politiknya. Tentu saja ini akan menumbuhkan kebanggaan tersendiri,” ujar Haryo.
 
Selain membahas ekonomi dan keuangan dalam Jalur Keuangan (Finance Track) yang, Forum G20 juga akan membahas isu yang lebih luas dalam Jalur Sherpa (Sherpa Track). Agenda-agenda yang diusung dalam Sherpa Track telah dipikirkan agar selaras dengan kepentingan nasional. 
 
Sherpa Track tergabung dari Engagement Groups yang diwakili oleh Civil Society Organizations, sehingga outcome strategis dari Sherpa Track tidak terbatas pada pendekatan top-down, namun juga membuka kesempatan dari berbagai pemangku kepentingan.

Tags : Presidensi G20

Berita Terkait