Menteri BUMN Sebut Merah Putih Fund Bentuk Ekosistem Baru

| Rabu, 15/12/2021 16:37 WIB
Menteri BUMN Sebut Merah Putih Fund Bentuk Ekosistem Baru Erick Thohir (Menteri BUMN). (Foto: twitter @erickthohir)

RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan bahwa Merah Putih Fund bisa membentuk ekosistem baru dengan filosofi yang berbeda. Namun, ia mengingatkan pembentukan ekosistem baru bukanlah menciptakan konglomerasi baru.

"Ini yang kadang-kadang kita jangan terjebak kita ini seakan-akan membentuk konglomerasi baru, tidak. Kita membentuk ekosistem baru di mana memang ekosistem ini filosofinya juga sudah berbeda," ujar Erick dalam konferensi pers daring di Jakarta, Rabu, 15 Desember 2021.

Karena itu, jelas Erick, Merah Putih Fund akan masuk kepada startup-startup level soonicorn yang menuju level unicorn. "Seperti yang disampaikan oleh ibu Najwa Shihab bahwa ada 20 startup prototipe, ini biasanya sudah memiliki investornya masing-masing. Namun kesulitannya, ketika startup-startup itu
berupaya masuk menjadi startup level menengah atau unicorn biasanya aspek pendanaan atau bantuan dananya diambil investor asing," terangnya.

Ditegaskannya, selama ini startup-startup nasional banyak dikuasai asing karena Indonesia sendiri tidak pernah memiliki komitmen kepada generasi mudanya. Untuk itu, ia mengajak BUMN serta perusahaan swasta di Tanah Air agar berkomitmen pada ekosistem Indonesia sehingga pasar nasional diisi mayoritas pengusaha dalam negeri.

"Di situlah kenapa kita sekarang menggalang kekuatan, tidak hanya BUMN, bahwa dengan Merah Putih Fund ini kita juga menggalang dan mengajak swasta nasional dan juga pengusahapengusaha baru nasional yang memiliki komitmen kepada ekosistem Indonesia. Kita tidak mau lagi pasar Indonesia yang besar dipakai buat pertumbuhan ekonomi bangsa lain. Kita harus menjadikan pasar nasional mayoritas untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia," tandasnya.

Tags : Merah Putih Fund , BUMN , Indonesia , Generasi Digital

Berita Terkait