Neraca Dagang Indonesia Surplus 19 Kali Berturut-Turut

| Kamis, 16/12/2021 08:46 WIB
Neraca Dagang Indonesia Surplus 19 Kali Berturut-Turut Kapal Peti Kemas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Neraca Dagang Indonesia pada November ini kembali mencatatkan surplus sebesar USD3.51 miliar. Surplus ini merupakan yang ke 19 kalinya sejak pandemi Covid-19 di 2019.

“Jika diakumulasikan, surplus neraca perdagangan sejak Januari hingga November 2021 mencapai USD34.32 miliar. Surplus yang tinggi ini didukung oleh nilai ekspor yang tinggi. Nilai ekspor kumulatif (Jan-Nov`21) merupakan nilai ekspor yang tertinggi paling tidak sejak tahun 2000”, jelas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI, Febrio Kacaribu dalam keterangan tertulis, Rabu 15 Desember 2021.

Dia mengatakan tren peningkatan ekspor terus berlanjut, didorong baik oleh peningkatan harga komoditas utama maupun volume. Ekspor produk manufaktur dan pertambangan mencatatkan pertumbuhan yang cukup tinggi.

Di sisi lain, impor juga menunjukkan tren yang meningkat, menandakan terus menguatnya aktivitas ekonomi nasional. Peningkatan impor bisa dilihat dari semua sektor, baik sektor migas maupun non-migas serta berdasarkan penggunaannya, seperti barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan juga barang modal. 

Ke depannya, nilai impor di sisa tahun 2021, baik ekspor maupun impor diperkirakan akan terus tumbuh. Kenaikan harga komoditas dan juga permintaan global akan mendorong kinerja ekspor.

Di sisi lain, impor juga akan terus tumbuh seiring peningkatan aktivitas domestik. 

"Pemerintah akan terus menopang dan mendorong pemulihan dan penguatan ekspor jasa, di antaranya melalui kelanjutan strategi pengembangan dan promosi daerah wisata Indonesia,” tutup Febrio.

Tags : Neraca dagang , Surplus

Berita Terkait