Rupiah Berpotensi Menguat Didorong Membaiknya Sentimen Pasar Terhadap Omicron

| Kamis, 23/12/2021 09:41 WIB
Rupiah Berpotensi Menguat Didorong Membaiknya Sentimen Pasar Terhadap Omicron Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kurs rupiah terhadap dolar AS diprediksi akan menguat hari ini  didukung oleh membaiknya sentimen pasar, terhadap dampak varian Omicron Covid-19.

Mengutip data Bloomberg, Kamis pukul 09.12 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan pada level Rp14.225 per dolar AS. Posisi tersebut menunjukkan penguatan 64 poin atau 0,45% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot pada Rabu sore kemarin (22/12) di level Rp14.289 per dolar AS

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra mengatakan nilai tukar rupiah masih berpeluang menguat hari ini dengan membaiknya sentimen pelaku pasar terhadap fenomena penyebaran varian Omicron di dunia.

"Meskipun masih ada ketakutan terhadap penularan omicron yang cepat, sebagian pasar menilai omicron tidak sebahaya Delta dan tidak mengganggu aktivitas ekonomi," kata Ariston seperti dikutip, Kamis 23 Desember 2021.

Selain itu, optimisme pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal Q4  2021 juga mungkin menopang rupiah.

"Tapi di sisi lain, potensi aksi taking profitmenjelang akhir tahun bisa menekan pergerakan harga aset berisiko termasuk rupiah," ujar Ariston.

Potensi penguatan rupiah hari ini ke arah Rp14.230 per dolar AS, dengan potensi pelemahan ke area Rp14.300 per dolar AS. (Adhitya)

Tags : Rupiah , Omicron