Kurs Rupiah Menguat Jelang Libur Natal

| Jum'at, 24/12/2021 14:59 WIB
Kurs Rupiah Menguat Jelang Libur Natal Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kurs rupiah terhadap dolar AS menguat jelang Libur Natal dan Tahun Baru.

Penguatan ini salah satunya dipicu oleh kembali tingginya minat pasar terhadap aset berisiko. Disisi lain, kekhawatiran pasar ke varian Omicron Covid-19 telah memudar seiring dengan hasil analisis dari peneliti kesehatan.

Mengutip Bloomberg, Jumat pukul 14.52 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan pada level Rp14.192 per dolar AS. Posisi tersebut menguat 0,28 persen dibandingkan dengan posisi penutupan kemarin di level Rp14.233 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra mengatakan nilai tukar rupiah masih berpeluang menguat hari ini dengan optimisme pasar yang masih berlangsung terhadap varian Omicron Covid-19.

"Riset-riset terbaru mengkonfirmasi bahwa Omicron hanya menimbulkan gejala sakit yang ringan pada penderita. Hal tersebut meredakan kekhawatiran pasar terhadap dampak Omicron meskipun penularannya sangat cepat," kata Ariston dikutip dari Indo Premier News, Jumat 24 Desember 2021.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan (Afsel) juga menemukan bahwa mereka yang terinfeksi Omicron jauh lebih kecil kemungkinannya untuk berakhir di rumah sakit daripada mereka yang terinfeksi Delta.

"Di Afsel, ini adalah epidemi. Omicron berperilaku dengan cara yang tidak terlalu parah," kata Profesor Cheryl Cohen dari NICD kepada Reuters.

 

Tags : Rupiah , dolar