Mantap! Indonesia Tiga Tahun Berturut Tak Impor Beras

| Selasa, 28/12/2021 16:10 WIB
Mantap! Indonesia Tiga Tahun Berturut Tak Impor Beras Budi Waseso (Dirut Perum Bulog). (Foto: gencilnews)

RADARBANGSA.COM - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau akrab disapa Buwas, menegaskan bahwa Indonesia tidak melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya sebagai cadangan beras pemerintah (CBP) selama tiga tahun berturut-turut atau sejak 2019.

"Dalam tiga tahun terakhir, CBP tidak pernah impor. Apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Indonesia sampai saat ini tidak melakukan impor selama tiga tahun terakhir, perlu saya sampaikan bahwa memang Bulog untuk CBP tidak impor," kata Buwas dalam konferensi pers akhir tahun di Jakarta, Selasa, 28 Desember 2021.

Diungkapkannya, Bulog mengandalkan produksi petani dalam negeri untuk kebutuhan stok CBP selam tiga tahun terakhir. Selama 2021, jelas Buwas, Bulog menyerap sebanyak 1,2 juta ton beras di tingkat petani sebagai upaya mengamankan harga beras agar tidak jatuh.

"Keberhasilan kita dalam melakukan penyerapan beras dalam negeri tahun ini merupakan hasil kerja keras jaringan Bulog di seluruh Indonesia di tengah pandemi COVID-19. Penyerapan beras dalam negeri ini sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi COVID-19 dan juga mempertahankan prestasi pemerintah untuk tidak impor beras selama tiga tahun terakhir," paparnya.

Menurut Buwas, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) prakiraan produksi beras nasional pada triwulan I 2022 adalah sebesar 11,61 juta ton. Ditegaskannya, Bulog siap meneyrap kembali produksi tersebut untuk menjaga stabilitas harga di tingkat petani, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait kecukupan stok beras dalam negeri.

Tags : Bulog , Beras , Budi Waseso , Impor , Indonesia