Dana di Pasar Modal Tembus Rp 358 Triliun, Tertinggi Sepanjang Sejarah

| Kamis, 30/12/2021 12:28 WIB
Dana di Pasar Modal Tembus Rp 358 Triliun, Tertinggi Sepanjang Sejarah Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total dana di Bursa Saham mencapai Rp 358,4 triliun per 24 Desember 2021. Angka itu merupakan nilai tertinggi sepanjang sejarah.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan pasar saham Indonesia terus menguat dengan tambahan 55 emiten baru.

Adapun hingga penghujung pekan akhir tahun ini, indeks telah menguat ke paisi 6.563 dengan nonresiden mencatatkan inflow sebesar Rp 0,94 triliun.

"Penghimpunan dana ini mayoritas digunakan sebagai modal kerja." tulis OJK dalam laporannya, Kamis 30 Desember 2021.

Selanjutnya, indikator perekonomian domestik juga menunjukkan perbaikan yang berlanjut. Indikator-indikator sektor riil seperti purchasing managers index (PMI) manufaktur, indeks keyakinan konsumen, penjualan kendaraan, dan lowongan pekerjaan terus meningkat.

Dari industri perbankan, mayoritas sektor utama kredit mencatatkan kenaikan terutama pada sektor pengolahan dan rumah tangga masing-masing sebesar Rp 24,9 triliun dan Rp 9,1 triliun. Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) sebesar 10,48 persen yoy atau 9,98 persen ytd.

Tags : BEI , Pasar Saham

Berita Terkait