Kinerja Pasar Saham Indonesia di 2021 Catat Rekor Baru

| Jum'at, 31/12/2021 16:07 WIB
Kinerja Pasar Saham Indonesia di 2021 Catat Rekor Baru Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi kinerja PT Bursa Efek dalam mengelola pasar saham sepanjang tahun 2021.

Ini lantaran BEI mencatat rekor baik dari sisi nilai transaksi maupyn jumlah investor baru.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, mengatakan nilai transaksi atau fund rising yang dihasilkan mencapai Rp358,42 triliun. Nilai valuasi ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah BEI berdiri.

Selanjutnya dari sisi jumlah investor baru juga tumbuh 1,51 juta dimana 80 persennya adalah investor milenial atau Generasi Z.

"Ini sejarah Indonesia, ada lebih dari Rp300 triliun lebih rising fund yang dihasilkan di pasar modal. Ini paling tinggi dalam setahun ini dan juga lebih tinggi dari rising fund di perbankan," ujar Wimboh seperti dikutip, Jumat 31 Desember 2021.

Selama tahun 2021 jumlah emiten baru yang melantai di BEI sebanyak 54 perusahaan. Jumlah ini menjadi yang tertinggi di pasar bursa ASEAN. Dengan begitu jumlah perusahaan yang tercatat di BEI menjadi 766 perusahaan atau naik 7,43 persen dibanding tahun lalu. 

Wimboh menegaskan bahwa OJK akan komitmen mendukung kemajuan pasar Bursa Indonesia dengan segala kewenangan dan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Tags : Pasar Saham , OJK , BEI

Berita Terkait