Pemerintah Klaim Harga Bawang Merah Mulai Pulih

| Senin, 24/01/2022 12:08 WIB
Pemerintah Klaim Harga Bawang Merah Mulai Pulih Komoditas Bawang Merah. (Foto: beritasatucom)

RADARBANGSA.COM - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memperkirakan harga komoditas bawang merah akan segera berangsur turun.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan BKP Kementan, Risfaheri mengatakan sebenarnya harga rata-rata bawang merah di tingkat konsumen sejak September 2021 hingga Januari 2022 masih jauh di bawah Harga Acuan Penjualan di tingkat konsumen (HAP Konsumen). 

Harga rata-rata Nasional bawang merah saat ini di tingkat konsumen untuk rogol askip Rp 28.967/kg, dan di pulau Jawa Rp 24.914/kg, sedangkan HAP konsumen Rp 32.000/kg.

Demikian juga dengan harga bawang merah di tingkat petani, sejak bulan September 2021 hingga bulan Januari 2022 harga bawang merah masih berada jauh di bawah Harga Acuan Penjualan di Produsen (HAP Produsen) untuk konde askip Rp 18.300/kg.  

"Meskipun akhir-akhir ini ada tren kenaikan harga bawang merah di tingkat konsumen (eceran), harga bawang merah di tingkat petani masih relatif rendah Rp 14.434/kg . Kita berharap harga bawang merah kembali normal, sehingga petani tetap semangat membudidayakan bawang merah," jelas Risfaheri.

Plt Kepala BKP Sarwo Edhy menegaskan bahwa pihaknya selalu memantau situasi harga dan ketersediaan pangan pokok strategis. 

"Kami melakukan pemantauan stok pangan pokok strategis setiap minggu dan pemantauan harga pangan baik di produsen maupun di konsumen setiap hari secara online, dan melakukan upaya antisipasi berkoordinasi dengan stakeholder terkait bila terjadi gangguan stabilitasi pasokan dan harga pangan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat panen raya di Karawang, Jumat, juga telah menegaskan bahwa stok beras di awal tahun 2022 aman. Dia juga memastikan bahwa upaya peningkatan produksi pangan yang dilakukan pihaknya akan memberi dampak positik bagi ketahanan pangan,

“Dua tahun ini produksi pertanian kita semakin bagus, dengan berbagai teknologi dan varietas yang tahan terhadap cuaca, kami yakin ketahanan pangan khususnya stok beras nasional kami dalam kondisi yang baik bahkan meningkat meski tantangan pandemi belum usai, dan perubahan iklim semakin kuat” ujarnya.

 

Tags : Bawang Merah , Pasar

Berita Terkait