Pupuk Indonesia Gandeng MIND ID Perkuat Pasokan Bahan Baku Pupuk

| Rabu, 02/02/2022 10:02 WIB
Pupuk Indonesia Gandeng MIND ID Perkuat Pasokan Bahan Baku Pupuk Pupuk Indonesia Jamin Distribusi Pupuk Tak Terganggu Akibat PSBB (Foto: Ekbis Sindonews)

RADARBANGSA.COM - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND (Mining Industry Indonesia) berkolaborasi dengan PT Pupuk Indonesia untuk memperkuat pasokan pupuk domestik.

Kolaborasi ini ditandadi dengan pendandatangan Nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Pengembangan MIND ID, Dilo Seno Widagdo dengan Direktur Produksi PIHC, Bob Indiarto, Senin 31 Januari 2022.

Bob mengatakan kerjasama ini akan berfokus pada penguatan pasokan potash sebagai salah satu bahan baku utama produksi pupuk.

Untuk memproduksi pupuk yang berkualitas, industri pupuk domestik mengimpor potash sekitar dua hingga tiga juta ton tiap tahun. Sedangkan PIHC sendiri mengimpor hampir 1 juta ton potash tiap tahun.

“Impor ini diperlukan karena Indonesia tidak memiliki sumber daya potash. Untuk itu MIND ID mencari potensi dan peluang untuk berinvestasi di tambang potash luar negeri,” demikian ungkap Bob dalam keterangan resmi, Rabu 2 Februari 2022.

Bob berharap lewat kerjasama strategis ini, Indonesia dapat memiliki kepastian sumber pasokan potash secara jangkauu panjang yang akan memperkuat industri pupuk sehingga mendukung ketahanan pangan nasional.

Tags : Pupuk , MIND ID

Berita Terkait