Cadangan Devisa RI Turun Jadi USD141 Miliar

| Selasa, 08/02/2022 10:27 WIB
Cadangan Devisa RI Turun Jadi USD141 Miliar Mata Uang Dolar dan Rupiah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Januari 2022 sebesar USD141,3 miliar. Angka ini lebih rendah dibanding periode Desember 2021 yang mencapai USD144,9 miliar.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan bahwa penurunan posisi cadev pada Januari 2022 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Selain itu juga berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia sebagai antisipasi kebutuhan likuiditas valas sejalan dengan membaiknya aktivitas perekonomian.
"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,6 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," kata Erwin dalam keterangannya, Selasa 8 Februari 2022.

Dijelaskan Erwin bahwa BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, BI meyakini bahwa cadev tetap memadai. 

"In (cadev) didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," pungkas dia.

Tags : Cadangan Devisa , Cadev

Berita Terkait