Amankan Suplai Batubara, PLN Sinergi dengan PTBA dan KAI

| Kamis, 17/02/2022 08:59 WIB
Amankan Suplai Batubara, PLN Sinergi dengan PTBA dan KAI Ancaman Corona Tak Pengaruhi Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - PT PLN (Persero), PT Bukit Asam dan PT Kereta Api Indonesia menandatangani head of agreement (HoA) untuk dasar kajian bersama mengamankan suplai batu bara.

Direktur Energi Primer PT PLN (Persero) Hartanto Wibowo mengatakan PLN berkomitmen meningkatkan keamanan suplai batu bara yang berkelanjutan untuk pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU guna mendukung ketahanan energi nasional.

"Kami berharap penandatanganan ini membuat pelaksanaan sinergi BUMN rantai pasok batu bara dapat terlaksana dengan baik untuk mendukung ketahanan energi nasional," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis 17 November 2022.

Hartanto menjelaskan perjanjian ini dapat mengawali kajian komprehensif terkait rencana kerja sama mulai dari skema kerja sama dan model bisnis yang memungkinkan, teknis dan operasional; harga dan keekonomian; lingkungan dan keselamatan kerja; regulasi dan manajemen stakeholder, hingga analisa risiko.

Kajian komprehensif itu nantinya akan menjadi panduan bagi PLN, Bukit Asam, dan Kereta Api Indonesia untuk menjalankan peran masing-masing, sehingga sinergi yang dilaksanakan akan memberikan nilai tambah yang besar dan dirasakan manfaatnya bagi seluruh stakeholder, ketiga perusahaan, serta masyarakat luas.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kerja sama tersebut bersifat jangka panjang. Saat ini, ketiga perusahaan plat merah ini akan mengebut kajian kerja sama agar pengiriman perdana batu bata menggunakan kereta api bisa terjadi pada 2025. 

"Ini kolaborasi yang luar biasa, kami akan kerja sama menyiapkan rencana kerja sehingga 2025 bisa segera direalisasikan," kata Hartanto.

 

Tags : Batubara , PLN

Berita Terkait