Pemerintah Akan Subsidi Harga Kedelai di Pasaran

| Kamis, 24/02/2022 09:31 WIB
Pemerintah Akan Subsidi Harga Kedelai di Pasaran Komoditas Kedelai (Doc: CNBC)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah dikabarkan akan memberikan bantuan berupa subsidi harga kedelai kepada para perajin tahu dan tempe.

Asisten Deputi Pangan, Kemenko Perekonomian, Saifulloh, mengatakan bantuan itu hanya bersifat jangka pendek, dan saat ini masih didiskusikan dengan kementerian dan lembaga terkait.

"(Bantuannya) bisa jadi subsidi atau penggantian selisih harga. Ini masalah terminologi dan pemilihan diksi kata," kata Saifulloh dikutip Republika, Kamis 24 Februari 2022.

Ia menambahkan, selain pemberian bantuan, Kementerian Pertanian (Kementan) juga sedang fokus untuk menyediakan kedelai lokal melalui penanaman di 50 ribu hektare lahan yang telah dikerjasamakan antara petani kedelai dengan Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo).

"Program penanaman di sejumlah daerah strategis sebagai produsen kedelai telah diinisiasi yang disertai dengan kebijakan dukungan sarana dan prasarana produksi dan pasca panen serta pembiayaan melalui KUR," ujarnya.

Saifulloh mengatakan, pemerintah akan terus memonitor kenaikan harga kedelai di pasar global yang berdampak pada kenaikan harga bahan baku tahu dan tempe. Kenaikan harga saat ini murni diakibatkan oleh peningkatan permintaan kedelai secara signfikan dari China untuk memenuhi pakan ternaknya.

Tags : Kedelai , Subsidi Kedelai

Berita Terkait