Pengusaha Bojonegoro Olah Limbah Peternakan Jadi Pupuk Organik

| Jum'at, 11/03/2022 08:03 WIB
Pengusaha Bojonegoro Olah Limbah Peternakan Jadi Pupuk Organik Usaha pengolahan limbah menjadi pupuk organik yang dikembangkan warga Desa Kedungdowo Kecamatan Balen Bojonegoro (Doc: Kominfo Jatim))

RADARBANGSA.COM – Pengusaha lokal asal Balen, Bojonegoro berhasil mengolah limbah peternakan menjadi Pupuk Organik.

Diketahui pengusaha ini bernama Abdul Mukarom, Abdul merupakan pengusaha binaan dibawah bina usaha pupuk Griyorojokoyo.

Dijelaskan Abdul, bahwa limbah peternakan yang dia olah selama ini adalah produk dari usaha peternakan warga yang selama ini keberadaannya tidak dikehendaki, sehingga daripada dibuang lebih baik dipergunakan.

"Ternak menghasilkan limbah berupa kotoran ternak (feces dan urine), serta sisa pakan ternak seperti potongan rumput, jerami, dedaunan, dedak, konsentrat dan sejenisnya. Di Kedungdowo ada 300 sapi dimana per ekor bisa menghasilkan kurang lebih 5 kg limbah setiap harinya," kata Abdul dalam keterangan yang diterima, Kamis 10 Maret 2022.

Abdul Mukarom menjelaskan, usaha pupuk organiknya memiliki jumlah pekerja sebanyak 20 orang, sebagian ibu-ibu rumah tangga dan Ini bisa membantu pendapatan keluarga mereka.

Harga produk kemasan hasil olahan limbah peternakan ukuran 25 kg dijual Rp.25.000 dan kemasan 2,5 kg sebesar Rp. 5.000,- sedangkan untuk pemasaran di wilayah Kabupaten Bojonegoro secara offline dan online.  

"Satu hari menghasilkan 2 ton pupuk. Sebenarnya bisa lebih besar lagi namun terkendala kurangnya daya tampung tempat," tuturnya. 

Lebih lanjut Mukarom menegaskan bahwa pupuk organik bisa dimanfaatkan untuk segala macam tanaman. Salah satunya dipakai untuk pupuk pisang cavendish yang menjadi primadona karena prospek pasar yang sangat menjanjikan.

"Terutama untuk segmen pasar modern, seperti minimarket dan supermarket hingga pasar internasional," imbuhnya. 

 

Tags : limbah , pupuk

Berita Terkait