Singapura Masih Jadi Investor No 1 di Indonesia

| Kamis, 17/03/2022 13:54 WIB
Singapura Masih Jadi Investor No 1 di Indonesia Ilustrasi (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Hingga saat ini, Singapura masih menjadi negara mitra ekonomi utama Indonesia di bidang investasi dan perdagangan. Total Foreign Direct Investment (FDI) yang berasal dari Singapura pada 2021 mencapai US$9,3 miliar dan tersebar tidak kurang pada 16.760 proyek. Sementara itu, volume perdagangan bilateral antara dua negara mencapai US$27 miliar. Hal ini memperlihatkan eratnya hubungan kedua negara.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo mengatakan Singapura melihat Indonesia sebagai pasar dengan kekuatan ekonomi yang sangat besar, di mana 60% dari total penduduk ASEAN ada di Indonesia. Kemudian, 170 juta angkatan muda Indonesia juga bertalenta dan memiliki daya beli yang kuat.

"Ini yang membuat mengapa kemudian banyak perusahaan di Singapura atau multinasional memberikan perhatian ke Indonesia," ungkapnya dalam sebuah webinar yang dipantau daring belum lama ini.

Senada dengan hal itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mencatat bahwa meski dalam situasi pandemi Covid-19, investasi Singapura juga tak berhenti mengalir.

“Investasi Singapura di Indonesia pada kwartal ketiga secara year-on-year naik 2.8%,” ungkap Wapres belum lama ini.  

Terkait kerjasama moneter, Wapres mengapresiasi perpanjangan kerjasama keuangan bilateral antara Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS)

“Saya memandang ini sangat baik untuk mendukung stabilitas moneter dan keuangan di kedua negara dan membantu pemulihan dari pandemi,” tuturnya.

Sementara, dalam bidang pendidikan, Wapres juga menyambut baik perjanjian kerjasama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dengan counterpart-nya di Singapura, yang saat ini tengah difinalisasi.

 “Rencana kerjasama baik untuk mendorong peningkatan kualitas SDM yang unggul dan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujar Wapres.

“Saya berharap Indonesia dan Singapura akan terus menjadi mitra maju bersama dalam menanggulangi pandemi, dan juga mengatasi tantangan global,” pungkasnya.

 

Tags : singapura , investasi , investor

Berita Terkait