Kementerian PUPR Butuh Rp46 Triliun untuk Bangun IKN

| Kamis, 24/03/2022 09:11 WIB
Kementerian PUPR Butuh Rp46 Triliun untuk Bangun IKN Presiden Jokowi berada di titik Nol IKN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan membutuhkan dana Rp46 Triiliun untuk membangun ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengajukan anggaran dengan nominal tersebut kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Namun untuk kepastian berapa anggaran yang bakal dipercayakan kepada Kementerian PUPR hingga saat ini belum final karena masih dalam tahap pendalaman.

"Kita sudah melakukan pembahasan dengan teman-teman di Kementerian Keuangan. Saat ini sedang berproses. Kami juga menghitung ada adjustment (penyesuaian) dan kita lakukan sejak awal dan alhamdulillah teman-temen di keuangan sangat support," ujar Zainal dikutip, Kamis 24 Maret 2022.

Ditambahkan Zainal bahwa saat ini pihaknya sudah mulai mengerjakan proyek infrastruktur dasar. Sebagai contoh jalan dan infrastruktur penyediaan air baku.

Pembangunan infrastruktur dasar yang dilakukan oleh Kementerian PUPR di IKN ini dipastikan tidak menganggu proyek-proyek infrastruktur lain yang sebelumnya telah direncanakan atau yang sedang dikerjakan.

"Yang sudah dilakukan jalanlah, karena logistik harus ada, nggak mungkin kita mau membangun namun tidak ada jalan logistiknya. Sehingga yang riil kebutuhan logistiknya kita penuhi dulu," pungkasnya. 

Tags : IKN , PUPR ,

Berita Terkait