Saham Perbankan Pimpin Pelemahan, IHSG Merosot di Sesi Awal

| Rabu, 06/04/2022 11:36 WIB
Saham Perbankan Pimpin Pelemahan, IHSG Merosot di Sesi Awal Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabunga (IHSG) hari ini dibuka menguat (Doc: 99)

RADARBANGSA.COM - Saham sektor perbankan memimpin pelemahan pada perdagangan pasar hari ini, memicu penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke posisi 7.099

Tercatat BBCA turun 1,27%, BRIS turun 3,18%, BBNI turun 2,39%, BBRI turun 1,06%, dan BBTN turun 0,88%, BMRI turun 1,28%

IHSG hari ini juga dibayangi sentimen terkait pelemahan bursa Wall Street, setelah pejabat The Fed menyatakan akan mengetatkan kebijakan moneter secara agresif.

Sentimen kedua yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG adalah perkembangan inflasi di dalam negeri dan kenaikan harga komoditas di pasar global.

"Jika keduanya masih berjalan seimbang, kenaikan komoditas tidak akan memicu inflasi. Maka masih ada ruang untuk penguatan IHSG, karena kinerja fundamental emiten-emiten komoditas bakal kian moncer,” tulis Tim Riset Erdikha Sekuritas, dikutip Rabu 6 April 2022.

Sementara itu asing banyak melakukan aktivitas beli saham dengan nilai pembelian neto sebesar Rp74,91 miliar.

Saham-saham yang paling banyak dibeli oleh asing (nett) yaitu EMTK, ANTM, ADRO, ARTO, EXCL. Adapun saham yang paling banyak dijual oleh asing (nett) yaitu BMRI, BBCA, TLKM, UNVR, PTBA.

 

Tags : Saham Perbankan , IHSG

Berita Terkait