Aktivitas Dunia Usaha Meningkat di Triwulan I 2022

| Kamis, 14/04/2022 17:14 WIB
Aktivitas Dunia Usaha Meningkat di Triwulan I 2022 Industri Baja (Doc: Kemenperin)

RADARBANGSA.COM - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI)  mengindikasikan adanya peningkatan kegiatan dunia usaha pada triwulan I 2022.

“Indikasi itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 8,71%, lebih tinggi dari SBT pada triwulan IV 2021 sebesar 7,10%,” kata Erwin dalam keterangan resminya, Kamis 14 April 2022.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, peningkatan kinerja usaha terutama terjadi di sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan, khususnya subsektor Tanaman Bahan Makanan (Tabama).

“Hal itu sejalan dengan pola historis musim panen serta sektor Industri Pengolahan seiring meningkatnya aktivitas industri dan mobilitas,” lanjut Erwin.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, penggunaan tenaga kerja terindikasi membaik meski masih berada dalam fase kontraksi. S

ementara itu, kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dibandingkan dengan periode sebelumnya, khususnya dari aspek likuiditas, disertai akses pembiayaan yang lebih mudah.

Pada triwulan II 2022, responden memprakirakan peningkatan kegiatan usaha berlanjut di beberapa sektor utama, seperti sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Industri Pengolahan, serta sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran.

“ Ini didorong peningkatan aktivitas masyarakat seiring masuknya periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri dan pelonggaran kebijakan mobilitas,” tandas Erwin.

 

 

 

Tags : dunia usaha , bank indonesia

Berita Terkait