Adaro Lakukan Ekspor ke Eropa Imbas Menipisnya Stok Batubara

| Selasa, 19/04/2022 07:02 WIB
Adaro Lakukan Ekspor ke Eropa Imbas Menipisnya Stok Batubara Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM – Adaro Energy mengaku mendapatkan peluang di tengah menipisnya stok batubara.

Chief Financial Officer PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Luckman Lie, mengungkapkan saat ini pihaknya sudah mengirim batu bara ke eropa sebanyak 3 kapal. Namun, ia tidak membeberkan negara mana saja yang dituju.

“Pengiriman ke eropa kira-kira sudah 2 sampai 3 kapal. Total sekitar 300 ribu ton,” kata Luckman dikutip Kumparan, Selasa 19 April 2022.

Luckman menjelaskan pengiriman dilakukan karena terdapat permintaan. Namun dia mengatakan belum ada kontrak jangka panjang dengan negara di eropa untuk pengiriman batu bara.

“Jadi penjualan ini penjualan spot, belum ada kontrak komitmen jangka panjang, karena di sana ada permintaan kita masuk sedikit demi sedikit,” terang Luckman.

DI kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Garibaldi Thohir, memproyeksi akan semakin banyak permintaan dari mancanegara ke depannya.

Dalam kondisi perang Rusia - Ukraina, pasokan energinya telah terganggu karena sangat menggantungkan sumber energinya dari Rusia.

“Akhirnya balik lagi banyak pemimpin-pemimpin eropa mencari alternatif lain. Udah mulai nih permintaan dari eropa ke Indonesia karena mereka tidak bisa mengandalkan suplai dari Rusia lagi,” tandasnya.

Tags : batubara , adaro

Berita Terkait