Sandiaga Uno Minta Pemudik Belanja Produk Kreatif Lokal

| Kamis, 21/04/2022 15:09 WIB
Sandiaga Uno Minta Pemudik Belanja Produk Kreatif Lokal Produk UMKM (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat yang melakukan mudik berbelanja produk kreatif lokal sehingga dapat mempercepat kebangkitan ekonomi lokal yang diprediksi mencapai Rp72 triliun secara nasional. 

"Mudik kali ini setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Dan kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Kamis 21 April 2022.

Di sisi lain para pelaku kreatif juga harus dapat mempersiapkan diri dengan menyiapkan produk-produk yang berkualitas dan berkelanjutan. 

"Jangan hanya mudik dan `rohali` atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi `rojali` rombongan yang jadi beli," kata Sandiaga. 

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang. 

"Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik. Jadi yang mudik ke Bangka, balik ke sini, beli produk lokal baik kuliner kriya, fesyen, dan juga produk unggulan ekonomi kreatif Bangka Belitung lainnya," kata Sandiaga. 

Tags : ekonomi kreatif , kreatif

Berita Terkait