BPS: Mobilitas Masyarakat Tumbuh dan Berdampak Baik ke Ekonomi

| Selasa, 10/05/2022 08:49 WIB
BPS: Mobilitas Masyarakat Tumbuh dan Berdampak Baik ke Ekonomi Jalan Tol Trans Jawa. (Foto: radioidolacom)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebut terjadi peningkatanmobilitas masyarakat pada triwulan I 2022.

Margo menilai peningkatan mobilitas ini berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

"Triwulan I ini adalah gambaran mobilitas terbaik, di mana hampir semua aktivitas penduduk di beberapa tempat kegiatan sudah melebihi dari kondisi normal. Pergerakan mobilitas penduduk ini akan berpengaruh positif bagi kegiatan produksi, konsumsi, maupun investasi," kata Kepala BPS Margo Yuwono disiarkan virtual, Senin 9 Mei 2022.

Margo menyampaikan mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari sudah meningkat 27,46 persen dibanding kondisi normal. Demikian juga aktivitas masyarakat di tempat ritel dan rekreasi juga meningkat.

“Hanya di tempat transit yang belum pulih, tetapi kondisinya jauh lebih baik dibandingkan pada triwulan IV-2021 maupun triwulan I 2021," ujar Margo.

Selanjutnya impor barang modal, bahan baku, dan konsumsi, masing-masing juga tumbuh di triwulan I jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk barang modal tumbuhnya cukup tinggi 30,68 persen. Kemudian bahan baku 33,44 persen, dan barang konsumsi 11,77 persen," kata Margo Yuwono.

Kemudian dari sisi suplai dan konsumsi terlihat, penjualan mobil penumpang juga tumbuh 45,95 persen (Gaikindo). Lalu, jumlah penumpang angkutan udara juga meningkat 58,13 persen.

Di sisi lain penerimaan PPh Pasal 21 tumbuh 18,8 persen, di mana hal itu mengindikasikan bahwa laba perusahaan semakin meningkat sehingga pungutan pajak bagi pegawai juga semakin meningkat.

"Ini juga indikasi bahwa pendapatan masyarakat juga mengalami peningkatan," ujar Margo.

Tags : Mobilitas masyarakat , BPS

Berita Terkait