Mentan Pastikan Kesehatan Hewan Ternak untuk Idul Adha

| Kamis, 26/05/2022 12:12 WIB
Mentan Pastikan Kesehatan Hewan Ternak untuk Idul Adha Peternakan Sapi Potong (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Syahrul Limpo Yasin memastikan kesehatan lalu lintas hewan ternak, khususnya untuk kebutuhan Iduladha yang akan datang.

"PMK ada, iya. Tapi PMK bisa sembuh. PMK memang hadir, tapi tidak membahayakan manusia. Artinya, dagingnya pun  sesuai dengan protokol kesehatan dapat dimakan. Oleh karena itu, menghadapi Idul Adha besok tidak boleh ada kepanikan, siapapun," jelas Mentan SYL dalam keterangannya, Kamis 26 Mei 2022.

Kepala Badan Karantina Pertanian Bambang mengatakan Siaga PMK ini merupakan respon dari Kementerian Pertanian untuk menjamin lalu lintas hewan ternak aman di tengah wabah PMK. 

"Kami lakukan pengawasan di tempat pemasukan dan pengeluaran media pembawa, seperti di Pelabuhan Merak ini. Sebelumnya hewan ternak dipastikan sudah memenuhi biosekuritinya. Terpenuhi masa karantina selama empat belas hari," ujarnya. 

Bambang menambahkan pihaknya juga melakukan pemeriksaan  dokumen meliputi SKKH yang dilengkapi surat rekomendasi pengeluaran dan pemasukan dari Dinas Peternakan sesuai dengan Permentan 21 tahun 2015.

Pencegahan PMK, Bambang tambahnya lagi, perlu koordinasi seluruh pemangku kepentingan. Hal ini untuk memastikan tidak ada penyebaran ke daerah yang masih terbebas PMK. 

Tags : Hewan Ternak , PMK , Idul Adha

Berita Terkait