Investor Ritel di Pasar Modal Meningkat 15% Secara Tahunan

| Jum'at, 27/05/2022 16:13 WIB
Investor Ritel di Pasar Modal Meningkat 15% Secara Tahunan Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tingginya kenaikan investor ritel sepanjang pandemi Covid-19.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen merinci hingga April 2020 jumlah investor ritel di Pasar Modal mencapai 8,62 juta investor. Tak hanya itu, investor sebagian besar didominasi oleh kaum milenial dengan presentase 60,29%.

"Hingga akhir April 2022, secara nasional jumlah investor ritel di Pasar Modal telah mencapai 8,62 juta atau telah meningkat sebesar 15,11 persen (ytd) dibandingkan posisi 30 Desember 2021," kata Hoesen dalam keterangannya, Jumat 27 Mei 2022.

Hoesen juga berpesan agar setiap masyarakat dalam berinvestasi di Pasar Modal perlu mempelajari dan memahami dulu segala bentuk produk dan legalitas perizinan dari pihak yang menawarkannya.

"Masyarakat perlu mewaspadai segala bentuk investasi bodong atau ilegal yang sering merayu atau menjanjikan imbal hasil yang tidak wajar. Selain itu, masyarakat juga diimbau agar dalam berinvestasi haruslah menggunakan sumber dana di luar kebutuhan pokok maupun dana cadangan, dan jangan menggunakan pinjaman, apalagi pinjaman online ilegal," lanjut Hoesen.

Tags : OJK , Investor , Investor Ritel