Kekurangan Stok, Jerman Pertimbangkan Impor Batubara Indonesia

| Rabu, 01/06/2022 14:36 WIB
Kekurangan Stok, Jerman Pertimbangkan Impor Batubara Indonesia Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Jerman tengah bernegoisasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mengimpor pasokan batubara.

Keinginan Jerman untuk menyediakan sistem kelistrikan negaranya dinilai sangat mendesak mengingat hampir setengah pasokan batubara Jerman di supply dari Rusia. Dan kini perkembangannya adalah kedua negara tengah bersitegang di tengah invasi militer Rusia ke Ukraina.

"Bahwa 50 persen dari suplai batubara Jerman berasal dari Rusia, dan dengan perkembangan situasi saat ini Jerman ingin mengembangkan kerja sama suplai batubara dari Indonesia," ungkap Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangannya, Rabu 1 Juni 2022.

Agung menyampaikan bahwa pada beberapa waktu lalu, pihak Jerman telah bertemu dengan Menteri ESDM dengan CEO Asosiasi Perusahaan Batubara di Jerman (VDKI) dan juga CEO HMS Bergbau AG, Lars Schernkau. Peretemuan dilakukan di Hotel Palace Berlin, Jumat 27 Mei 2022. 

Sebagai syarat, Pihak Indonesia meminta ketersediaan fasilitas pelabuhan, serta terms and conditions untuk kontrak tersebut. Selain itu diperlukan koordinasi lebih lanjut antara VDKI  dengan asosiasi perusahaan serupa di kawasan Eropa.

Tags : jerman , batubara

Berita Terkait