Inflasi Mei Capai 0,40 Persen Dipicu Kenaikan Harga Pangan

| Jum'at, 03/06/2022 07:14 WIB
Inflasi Mei Capai 0,40 Persen Dipicu Kenaikan Harga Pangan Garam Impor. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi sebesar 0,40 persen pada Mei 2022.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, pengeluaran bahan makanan, minuman dan tembakau jadi pemicu lonjakan inflasi. Andil ketiga kelompok tersebut terhadap inflasi mencapai 0,20 persen.   

"Komoditas utama penyumbang inflasi dari kelompok pengeluaran ini adalah telur ayam ras dengan andil sebesar 0,05 persen. Ini dipicu oleh kenaikan harga pakan sehingga telur ayam ras di berbagai kota mengalami kenaikan," ujar Margo saat menggelar konferensi pers virtual, 9 Mei 2022.

Lebih lanjut Margo mengatakan, inflasi pada Mei itu juga didorong oleh kelompok pengeluaran transportasi yang memberikan kontribusi sebesar 0,08 persen. Kelompok ini mengalami inflasi sebesar 0,65 persen. Kenaikan tarif angkutan udara andilnya sebesar 0,07 persen.

"Ini akibat permintaan yang tinggi seiring arus mudik dan balik lebaran kemarin sehingga tarif angkutan udara juga mengalami kenaikan," lanjutnya.

Dari 90 Kota Indeks Harga Konsumen (IHK), inflasi tertinggi terjadi di Tanjung Pandan sebesar 2,24 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Tangerang dan Gunungsitoli masing - masing sebesar 0,05 persen.

Sementara untuk deflasi tertinggi terjadi di Kotamobagu sebesar -0,21 persen dan deflasi terendah di Merauke sebesar -0,05 persen. 

Tags : BPS , Inflasi , Inflasi Mei